Blogger Template by Blogcrowds

Ketupat dan tradisi

Ketupat atau kupat, hidangan yang berbahan dasar beras berbungkus selongsong yang terbuat dari anyaman daun kelapa ini merupakan hidangan khas Asia Tenggara. Selain di Indonesia, ketupat juga dapat kita jumpai di Malaysia, Brunei dan Singapura.
Hidangan ini paling banyak ditemui pada saat hari raya lebaran, pada saat umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa (bulan Ramadhan). Makanan khas yang menggunakan kupat antara lain; kupat tahu (Grabag, kabupaten Magelang) dan kupat glabet (kota Tegal). Sering dihidangkan bersama dengan sate.
Ada dua macam bentuk ketupat, yakni kepal (lebih umum) dan jajaran genjang. Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda. Di antar a beberapa kalangan di Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Masyarakat di daerah tersebut masih memegang tradisi untuk tidak membuat ketupat di hari biasa, sehingga ketupat hanya disajikan saat lebaran dan hingga sepekan sesudahnya. Sedangkan di Bali, ketupat sering dipersembahkan sebagai sesajian upacara adat.


0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda